Ketahui Ciri-Ciri Tipes Lebih Dini, Agar Orang Tersayang Cepat Disembuhkan

17 komentar
Mengatahui ciri-ciri tipes tentu saja adalah hal yang cukup menguntungkan. Karena seperti yang kita ketahui, tipes ini tidak hanya bisa menyerang orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Jika orang dewasa yang mengalami, bisa jadi bisa mendeskripsikan rasa sakitnya dengan lebih baik. Namun, hal ini tidak dengan anak-anak. Benar? Seringkali anak-anak tidak mampu menjelaskan rasa sakit yang sedang dialaminya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang ciri-ciri tipes ini, ada sedikit penjelasan tentang penyakit yang satu ini. Simak, yuk!

ciri-ciri tipes

Pengertian Penyakit Tipes

Penyakit tipes adalah sebuah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi Perlu teman-teman ketahui, jika bakteri ini umumnya berasal dari makanan maupun air (minuman) yang terkontaminasi.

Jangan salah, penyakit karena bakteri ini bisa ditularkan, loh!

Tipes atau demam tifoid ini seringkali diangggap sama dengan tifus. Padahal keduanya adalah penyakit yang berbeda, meskipun terlihat sangat mirip.

Yuk kita lihat, apa saja ciri-ciri tipes ini.

Ciri-ciri Tipes Secara Umum

Ada beberapa ciri-ciri tipes yang bisa kita lihat dan amati, antara lain :

  • Nafsu makan turun
Kenapa nafsu makan bisa turun? Hal ini dikarenakan tubuh memerintahkan otak untuk mengeluarkan leptin.

Perlu diketahui, jika leptin ini merupakan zat mampu mengatur nafsu makan, salah satunya dengan memberikan sinyal lapar atau kenyang.

  • Kelelahan berlebih
Kelelahan berlebih ini, bisa saja dikarenakan nyeri otot dan sendi. Jadi, anak-anak maupun orang dewasa, biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Nyeri ini juga kadang dikeluhkan dengan sakit punggung.

  • Sakit perut
Sakit perut tipes seperti apa? Sakit perut yang biasanya dirasakan oleh penderita tipes, dikarenakan adanya peradangan pada saluran pencernaan. Ini juga termasuk salah satu gejala tipes yang banyak terjadi.

  • Muncul ruam atau bintik
Bintik merah atau ruam, biasanya akan muncul di kulit area perut dan atau dada. Ciri-ciri yang satu ini, biasanya datang lebih cepat sejak terkontaminasi bakteri. Namun, ada juga yang baru muncul setelah tujuh hingga empat belas hari kemudian.

  • Demam tinggi
Penderita tipes biasanya mengalami kenaikan suhu badan hingga 40 derajat Celcius. Demam ini umumnya akan bertahan selama beberapa hari, sekaligus sebagai pertanda jika tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi bakteri tadi.

Bahkan, di beberapa kasus, ada juga penderita yang merasakan kedinginan hebat. Suhu tubuh naik dan turun setiap hari selama beberapa kurun waktu tertentu.

Beberapa ciri tipes lainnya adalah sembelit, diare, keringat dingin hingga batuk kering. Bahkan, jika sudah sangat lemas dan lelah, kita hanya bisa berbaring dengan mata setengah tertutup dan sesekali mengigau.

Perlu diketahui juga, bahwa gejala penyakit tipes di atas tidak muncul seketika saat terinfeksi oleh bakterinya. Namun, membutuhkan waktu inkubasi hingga dua pekan. Itulah kenapa, kadang kita merasa “kecolongan” saat ada anggota keluarga yang menderitanya.

Apa Penyebab Penyakit Tipes Ini?

Kondisi yang sangat mungkin menyebabkan seseorang menderita infeksi bakteri ini, antara lain :
  • Makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi
  • Tertular dari air liur yang terkontaminasi
  • Kebersihan hingga sanitasi yang buruk
Seperti beberapa penyakit lainnya, tipes juga bisa dicegah. Baik dengan memperhatikan kebersihan makanan hingga lingkungan, hingga melengkapi anggota keluarga lainnya dengan vaksin.

Cara mencegah penyakit tipes ini tentu saja tidak bisa dilakukan mendadak, melainkan butuh waktu yang cukup panjang hingga menjadi sebuah kebiasaan atau gaya hidup.

Setelah mengetahui ciri-ciri tipes seperti disebutkan tadi, besar harapannya banyak orang yang segera mendapatkan bantuan medis. Karena jika sudah dehidrasi, besar kemungkinannya untuk segera mendapatkan cairan infus.


Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

17 komentar

  1. Suami pernah nih tipes. Nah itu, waktu itu belum tahu gejalanya, cuma tahu demam tinggi, tapi kalau pagi turun, ntar magrib naik lagi

    BalasHapus
  2. Makanya ngeri juga nih kalau ada tipes. Banyak banget teman kantor yang kena tipes untungnya langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

    BalasHapus
  3. dulu waktu masih sekolah seragam abu-abu aku pernah kena tipes. Rasanya aduhai.. gak enak banget. sampe harus masuk RS.

    BalasHapus
  4. Saya udah pernah 3 kali kena tipes, enggak enak banget rasanya...
    Semoga kita semua sehat selalu ya...

    BalasHapus
  5. Tipes ini gejalanya kadang samar dengan demam berdarah ya
    Mirip-mirip soalnya
    Suamiku dulu pernah kena tipes, sampe 2 kali
    Tau banget gimana kondisinya waktu itu, benar-benar drop
    Semoga tidak terulang lagi

    BalasHapus
  6. Daku pernahnya parathypus pas waktu kuliah yang bikin lemes banget. Katanya sih masih terbilang gejalanya. Semoga kita semua sehat² ya

    BalasHapus
  7. Saya dulu pernah gejala tipes mba, persis seperti yang mba sebutkan gejalanya. Untungnya gak opname

    BalasHapus
  8. Iya benar, harus bisa tahu ciri-ciri tipes
    Biar segera ditanganinya ya mbak

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah semoga jangan pernah ada anggota keluarga yg kena tipes, baru tau ciri cirinya makasih ya bun. Biasanya penderita tipes butuh istirahat lebih lama yaa..(gusti yeni)

    BalasHapus
  10. Sebagai alumni inap tipes sebanyak dua kali di rumah sakit, aku termasuk yang sebel sih sama penyakit ini. Inapnya seminggu, tapi lemesnya itu lhooo bisa lama banget sampe tubuh bisa normal lagi huhu. Semoga kita dijauhkan ya

    BalasHapus
  11. Kalau udah kena tipes ini rasanyaaa duh, ga enak banget (mana ada sakit enak yah) haha. jgn sampe deh anak atau suami kena tipes hikss

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah belum pernah ngerasain, semoga jangan sampai dan keluarga pun tidak.. tapi memang gejalanya ini nyaru ya sama gejala penyakit lain kaya DB gitu

    BalasHapus
  13. Wah terima kasih penjelasannya mba... Dulu banget aku pernah tipes karena kecapekan, ternyata ada ciri-iri spesifiknya ya...

    BalasHapus
  14. memang yaa klo kondisi badan ga enak tuh mesti dirasa, jangan diabaikan, biar bisa lebih cepet penanganannya

    BalasHapus
  15. Anak saya pernah grjala tipes. Pokokmya kalo lebih dari 3 hari xemam patut waspads

    BalasHapus
  16. Gejalanya mirup DBD ya mbak. Tapi selepas pengelamanku, penyakit ini menular kan ya. Jadi alat makan pun gak boleh barengan. Harus sendiri-sendiri

    BalasHapus
  17. gejalanya cukup berat juga ya, saya pernah demam naik turun dua minggu setelah dicek untungnya buka tipes

    BalasHapus

Posting Komentar