Anti Letoy! Jaringan Internet Cepat Bantu Jaga Anak Tetap Semangat di Bulan Ramadan

25 komentar
Bagi anak-anak, bulan Ramadan juga salah satu momen yang sangat menyenangkan. Selalu ada hal baru yang mereka dapatkan ketika datang bulan Ramadan. Namun, untuk anak-anak sudah mulai belajar puasa, tentu butuh perhatian lebih.

Sama halnya dengan kita dulu, anak-anak juga bisa merasakan kebosanan jika seharian tidak melakukan apapun dan hanya menunggu waktu berbuka puasa. Jangan lupa juga, anak-anak punya cadangan energi yang luar biasa banyak, ya bun :’)

Itulah kenapa, penting sekali bagi kita (sebagai orang tua) untuk memfasilitasi kebutuhan anak-anak, baik untuk ruang gerak maupun tumbuh kembangnya.

aktivitas untuk anak selama bulan ramadan



Berikut ini, ada beberapa aktivitas seru yang bisa kita lakukan bersama si kecil selama bulan Ramadan.

Tanpa Gadget! Aktivitas untuk Anak Selama Bulan Ramadan Tetap Seru dan Menyenangkan

Menghias Rumah dengan Nuansa Ramadan

Membuat dekorasi bernuansa Ramadan, akan membuat anak-anak bersemangat menyambuat datangnya bulan Ramadan. Pada saat melakukan kegiatan ini, kita juga bisa menyelipkan nilai-nilai edukasi pada si kecil.

Biarkan anak berkreasi sesuai keinginannya. Selain itu, membuat prakarya seperti ini juga bermanfaat untuk meningkatkan bonding kita dengan anak-anak.

Membuat Kartu Ucapan

Anak-anak sudah bisa menulis? Maka membuat kartu ucapan juga salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk mereka. Mintalah mereka membuat kartu ucapan untuk saudara ataupun teman dekatnya di sekolah.

Barang-barang yang mungkin kita butuhkan, antara lain :

Kertas (kertas HVS atau kertas lipat)
Alat tulis
Pewarna
Gunting atau cutter
Perekat (lem atau isolasi)
Pita (opsional)
Manik-manik (opsional)

Untuk memulai kegiatan ini, kita bisa memberi contoh terlebih dahulu.

Membuat Kue

Ramadan tak bisa dipisahkan dari kue. Setuju? Karena menyantap kue favorit ketika buka puasa juga salah satu nikmat yang luar biasa. Sudah pernah membuat kue bersama anak-anak?

Cobalah membuat kue dengan resep yang dikuasai atau menggunakan resep paling mudah. Untuk mencari resep, pastikan kita memiliki jaringan internet cepat, ya.

Jangan sampai karena terlalu lama mencari resep, waktunya justru terbuang sia-sia :’)

Menyiapkan Menu Buka Puasa

Biasanya, anak-anak sangat suka jika dilibatkan dalam kegiatan seperti ini, ya. Meskipun memang lebih repot dan lam (jika anak masih berusia kecil), tapi ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi mereka.

Tidak hanya itu, anak-anak juga akan terbiasa suasana Ramadan yang penuh suka cita.

Bahkan jika memungkinkan, kita juga bisa mengajak mereka untuk berbagai makanan buka puasa (takjil) dengan tetangga dekat atau kerabat.

cara mengajari anak berpuasa

Menonton Film

Untuk memanfaatkan jaringan internet cepat yang ada di rumah, kita bisa mengajak anak-anak menonton film bersama. Film-film bertema keluarga atau religi, bisa menjadi alternatif pilihan.

Waktu yang bisa kita gunakan untuk menonton film, adalah siang hari ketika anak-anak biasanya sudah mulai merasa lemas, ya :D

Menonton film bersama bisa membantu mereka menghemat energi hahaha

Melakukan Hobi Bersama

Melakukan hobi bersama juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan untuk mengisi bulan Ramadan. Bahkan, ketika hobi kita berbeda justru bisa saling bertukar kegiatan atau menjadi bahan diskusi yang asik.

Untuk menambah keseruan, teman-teman bisa mencari referensi terlebih dahulu dari berbagai kanal digital. Jaringan internet cepat saat ini sudah sangat memenuhi kebutuhan harian kita.

Bulan Ramadan memang sebaiknya dilalui tanpa banyak menggunakan gadget, agar memiliki waktu berkualitas bersama anggota keluarga. Tapi bukan berarti dengan Adanya gadget kualitas menjadi menurun. Adanya jaringan internet cepat di rumah, seharus menjadi fasilitas pendukung untuk meningkatkan produktivitas kegiatan sehari-hari.

jaringan internet cepat


Seperti yang diberikan IndiHome dari Telkom Indonesia. Tidak hanya kualitas kecepatan internetnya saja yang diberikan, tapi juga bagaimana cara mereka menangani permasalahan konsumen perlu diacungi jempol.

Kemudahan-kemudahan tersebut tentu sangat membantu kita (khususnya para orang tua) untuk mencari berbagai referensi kegiatan bagi anak-anak. Jaringan internet cepat, juga membuat kita mendapatkan berbagai solusi ketika sedang menemani anak berkegiatan.

Meskipun memiliki jaringan internet cepat di rumah, tugas utama kita adalah tetap menghidupkan bulan Ramadan dengan penuh gairah ibadah. Tentu saja melibatkan kehadiran anak-anak di setiap kegiatannya.

Jadi bagaimana, sudah punya aktivitas untuk anak selama bulan Ramadan? Jika belum, maka kegiatan-kegiatan sangat layak dicoba bersama si kecil, yaa.


Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

25 komentar

  1. Ramadan waktu yang pas buat nguatin ikatan keluarga, ya Kak Nim, apalagi dengan anak-anak. Ramadan juga waktunya mengenalkan dan mengajarkan mereka rangkaian ibadah saum dan ibadah-ibadah lainnya khas Ramadan, serta aktivitas positif lainnya untuk mengisi bulan mulia ini

    BalasHapus
  2. ada beberapa kegiatan rekomendasi yang bisa dilakukan bareng si kecil ya mbak, untuk mengajak si kecil memaknai ramadhan yang sesungguhnya

    BalasHapus
  3. Dulu waktu kecil aku sering bantu mama nyiapin menu buka puasa dan bikin kue bareng. Seru banget, sampai enggak kerasa waktunya udah mau maghrib. Jadi kangen saat-saat itu, soalnya sekarang ngelakuinnya masing-masing aja gitu.

    BalasHapus
  4. Jadi inget pas di rumah dulu setiap mau puasa selalu beberes rumah di bersihin sampe bufet-bufet dibersihin wkwkwkkw terus masak opor or rendang. Nuansa Ramadan jadi makin hidup dan bergairah.

    Salah satu momen yang enggak boleh lewat ada nonton bareng sih. Kalau zaman sekarang mungkin nonton butuh akses internet yang cepat karena memang udah serbadigital, haha. Bisa nih pakai indiHomee.

    BalasHapus
  5. Masya Allah, rekomendasi menarik kegiatannya untuk bersama anak nih, bisa berkreasi bersama untuk seisi rumah. Mulai mendekor, buat ucapan, memasak. Pastinya anak-anak sangat senang dengan aktivitas seperti ini.

    BalasHapus
  6. Agak tricky memang ya kak mengajak anak berpuasa bersama kalau tidak dibarengi kegiatan edukatif yang menarik. Untung internet cepat saat ini sangat membantu semua lini kehidupan. Alhamdulillah ramadan bersama anal jadi menyenangkan

    BalasHapus
  7. Internet cepat emang membantu banget pas bulan Ramadan gini. Mau masak tinggal buka yutub, mau ngaji tinggal cari. Semua jadi super mudah

    BalasHapus
  8. Anak aku masih kecil semua mba pengennya nemenin sahur, eh malah tidur aja, pernah coba bangunin tp dikirain diganggu tidur nya heheh mngkin krn msh under 4 thn smua kali yaa

    BalasHapus
  9. Tiap bulan puasa anak2 biasanya aku ajak untuk bantu buat hidangan takjil mbak. Jadi ada kegiatan lain. Internet sekarang juga penting banget karena mereka belajar semua dari sana. Sampai jago bahasa asing dan coding.

    BalasHapus
  10. koneksi yang kencang, stabil dan bisa diandalkan memang bener - bener memabntu banyak hal untuk kita ya mba

    BalasHapus
  11. Kecepatan internet saat ini sudah jadi pilihan masyarakat. Ada internet tapi jaringan sangat lambat, bisa langsung ditinggal pelanggan. Aktivitas masyarakat saat ini serba gercep dan sat set sat set ya

    BalasHapus
  12. Banyak hal asik dan kreatif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan bareng anak-anak ya kak

    BalasHapus
  13. klo ada internet cepat, banyaakk hal yg bisa dilakukan yaa

    anak engga gabut nunggu adzan mulu

    BalasHapus
  14. Beneran deh nonton film bantu banget ngehemat energi hehe. Tentunya hrs dibantu internet yg stabil. Klo sering nge lag, jadi kesal atau marah2. Kan puasa ga boleh marah2 kan, jd indihome ini ngebantu banget org yg lg ibadah :D

    BalasHapus
  15. Ada banyak kegiatan untuk anak yang tak perlu melibatkan gadget ya sebenarnya. Tapi tetap perlu juga pengetahuan dan keterampilan digital dengan memanfaatkan internet agar anak tak gaptek.

    BalasHapus
  16. Anakku tiap sore selalu main bola sama teman-temannya sembari menunggu waktu berbuka puasa. Ternyata, menunggu waktu berbuka gak mesti harus sambil pegang gadget tapi bisa melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat

    BalasHapus
  17. Uda jelang akhir begini, biasanya uda makin lemes..
    Tapi kudu tetep kasih semangat buat anak-anak agar ibadahnya makin dikencengin dengan berbagai aktivitas seru di rumah. Internet cepat memang membantu sekali..

    BalasHapus
  18. Anakku justru letoy di awal puasa ini mba, mungkin adaptasi ya, ke sini-sininya bahkan gak sahur pun kuat full yang usia 8 tahun. Apalagi ada internet yang bisa dipakai buat apa saja ya

    BalasHapus
  19. I am happy to find numerous helpful info right here in the publish, great job.

    BalasHapus
  20. This article has proven useful to me. Its awesome, I admire this blog here.

    BalasHapus
  21. Dulu pernah berada di fase ini, mengajak anak bermain agar melupakan sejenah haus dan laparnya saat berpuasa. Skrg anak-anakku sudah usia dewasa dan sudah mandiri.

    BalasHapus
  22. Aku pernah berada di fase ini, mengajak anak main dan berkreasi agar melupakan sejenak haus dan laparnya saat berpuasa. Sekarang mereka telah dewasa dan mandiri.

    BalasHapus
  23. Thanks for sharing the information keep updating, looking forward to more post.
    Nice post ! I love its your site after reading ! thanks for sharing. I am happy to find numerous helpful info right here in the publish, great job.
    Divorce Lawyers Tysons VA
    Divorce Lawyers Spotsylvania VA

    BalasHapus
  24. I really enjoyed your article. Thanks for sharing valuable information with us. truck accident lawyer near me

    BalasHapus
  25. I thoroughly enjoyed your article. Thank you for sharing this helpful knowledge with us. statutory payments list

    BalasHapus

Posting Komentar