Mudah! Ini 7 Cara Belajar Mengaji Anak dari Rumah

17 komentar
Lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan, seperti di kelas montessori, memberikan output yang berbeda pada setiap anak. Itulah mengapa, banyak orang tua yang sangat selektif memilihkan sekolah untuk anak-anak.


Hal ini juga berlaku untuk kegiatan mengaji. Seperti yang ayah bunda tahu, bahwa cara belajar mengaji anak juga berpengaruh terhadap pemahaman dia terhadap bacaan dan bagaimana kelancaran anak melafalkannya.


cara ajari anak mengaji

Cara Belajar Mengaji Anak Mudah dari Rumah


Kegiatan belajar mengaji anak tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebab di usia belia inilah, saat yang tepat untuk kita menanamkan berbagai kebiasaan baik. Ada beberapa tips yang bisa ayah bunda lakukan untuk membantu belajar mengaji anak di rumah tetap menyenangkan, lho!


Kenalkan Anak dengan Huruf Hijaiyah

Pondasi utama mengajari anak belajar mengaji adalah mengenalkan mereka terhadap huruf-huruf hijaiyah. Mulanya, kenalkan anak-anak tentang huruf tersebut dan secara bertahap cobalah mengajak mereka untuk menghafalnya.

Karena ini adalah tahap yang penting, usahakan untuk memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan asik. Ayah bunda bisa mencari berbagai referensi cara belajar melalui internet.

Pastikan Anak Memahami Tanda Baca

Setelah anak-anak mengenal dan menghafal huruf hijaiyah, lanjutkan dengan tanda baca atau harakat. Beberapa tanda baca terlihat sangat mirip, jadi kenalkan masing-masing secara perlahan dan terus berulang sampai mereka paham.

Jika anak-anak sudah mampu, kita bisa mulai menggabungkan huruf hijaiyah dengan tanda baca (harakat) ini. Untuk membuat anak semakin mengingat dan memahaminya, cobalah memberikan satu huruf dengan satu harakat selama beberapa waktu.

Kemudian Ajak Mempelajari Tajwid

Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengajarkan ilmu tajwid. Mempelajari ilmu tajwid, akan membuat anak-anak bisa melafalkan huruf atau bacaan al-qur’an dengan benar.

Ada banyak ilmu tajwid yang perlu dipelajari, ayah bunda juga bisa meminta bantuan ahli untuk mengajarkan ini pada anak-anak.


cara belajar mengaji anak


Mulailah Belajar Membaca Surat Pendek

Membaca surat pendek akan terasa lebih mudah ketika anak-anak sudah mempelajari huruf, tanda baca dan ilmu tajwid. Dengan membaca surat-surat pendek, kita juga lebih mudah mengecek ilmu tajwid anak, apakah sudah benar atau belum.

Jika anak-anak dirasa sudah lolos dengan surat pendek, kita bisa melanjutkannya dengan surat yang lebih panjang.

Rutin Belajar Mengaji

Salah satu kunci sukses belajar adalah mengulang. Namun karena anak-anak memiliki rentang fokus yang berbeda, kita tentu perlu menyesuaikan durasi belajarnya.

Belajar dalam waktu yang singkat, tetapi anak-anak menikmatinya tentu akan lebih baik dibandingkan dengan belajar dalam waktu yang lama, tetapi anak dalam keadaan terpaksa.

Untuk menyiasati hal ini, kita bisa membuat jadwal belajar mengaji anak di rumah. Apakah sore hari, setelah sholat maghrib, setelah sholat shubuh atau bahkan malam setelah sholat isya”.

Biasakan Mendengar Al-Qur’an

Cobalah untuk memutar murottal al-qur’an di rumah secara kontinyu. Hal ini juga akan membantu anak-anak untuk mengingat apa yang selama ini dipelajarinya, mulai dari tanda baca, tajwid hingga menguatkan hafalan.

Semakin sering didengar biasanya anak-anak akan semakin mudah mengingatnya.

Ajak Anak Belajar Bersama di TPQ

Sudah pernah mencoba mengajak anak belajar di TPQ? Meskipun ayah bunda bisa bisa mengajari si kecil mengaji di rumah, tetapi tidak ada salahnya untuk mengajak mereka ke TPQ.

Sebab, di TPQ anak-anak tidak hanya diajak mengaji, tetapi juga memperdalam tajwidnya, menghafal berbagai doa sehari-hari, mempelajari sejarah Islam dan tentu saja berbagai akhlak yang baik.

Albata TPQ Teens Online Private, Bantu Belajar Mengaji Anak Menyenangkan

Kita semua tahu, bahwa kesibukan ayah dan bunda sangat padat. Bekerja dari pagi hingga petang, mengurus rumah tangga seharian, bersosialisasi dengan sesama orang tua ataupun teman dan belum lagi jika memiliki anak lebih dari satu!

Itu bukanlah hal yang mudah. Karena itu, tak sedikit juga yang mengatakan jika menjadi orang tua harus pandai membagi waktu. Hmm memang repot, ya, bund :D


Namun ayah bunda, ada sedikit titik terang, nih untuk membantu si kecil agar tetap bisa belajar mengaji dari rumah. Yakni dengan menggunakan Albata TPQ Teens Private Online. Yap. Seperti namanya, kegiatan belajar mengaji anak akan dilakukan sepenuhnya secara daring alias online.


albata


Albata adalah sebuah lembaga pendidikan Islam, yang berfokus pada pengajaran tauhid, adab, fiqih, tahsin, sirah, tahsin dan tahfidz yang dikemas dengan cara belajar yang menyenangkan mengadopsi pembelajaran kelas montessori.

Sedangkan TPQ Teens Online Private adalah TPQ online yang berdasarkan pada Al-Qur’an dan as-sunnah untuk anak usia 7 sampai 13 tahun. Karena dilakukan secara online, maka bisa anak bisa belajar mengaji dari mana saja.

TPQ yang mengadopsi kelas montessori ini memiliki sistem fun learning, sehingga anak-anak akan enjoy selama sesi belajar mengaji.

albatar tpq teens online private


Lalu, berapa biaya yang harus ayah bunda keluarkan agar anak-anak bisa mengikuti Albata TPQ Teens Online Private ini? Ya. Kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 750.000 rupiah. Biaya ini untuk membayar pertemuan sebanyak 8x dalam satu bulan.

Karena private, tentu saja belajar mengaji anak hanya diikuti oleh seorang anak dengan seorang pengajar atau ustadzah. Soal keilmuan, ayah bunda tidak perlu khawatir sebab para pengajar terbaik telah diseleksi dari berbagai universitas ternama.

Untuk cara pengajaran sendiri, akan menggunakan aplikasi TalkCloud+ (aplikasi khusus untuk edukasi atau pembelajaran anak). Karena aplikasi ini sudah kids friendly, anak-anak pun diharapkan bisa mengikuti pembelajaran dengan senang.

Bagaimana? Menarik, bukan Albata TPQ Teens Online Private ini? Kegiatan ini tentu akan memberikan anak-anak pengalaman belajar yang berbeda, menyenangkan dan seru. Meskipun dilakukan secara daring, cara belajar mengaji anak tetap dilakukan sebagaimana mestinya karena sudah ada kurikulumnya.

Untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya, telah tersedia kontak Albata yang bisa ayah bunda hubungi kapan saja selama jam kerja.

Mari berikan dan kenalkan cara belajar mengaji anak yang menyenangkan sesuai usianya. Belajar mengaji adalah salah satu ilmu yang akan terus dibutuhkan anak-anak sepanjang hayatnya.
Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

17 komentar

  1. artikel ini akan membatu semua orang tua dalam hal medidik anak terutama untuk hal mengaji pelajaran agama islam dan dapat di aplikasi di keluarga secara langsung thanks

    BalasHapus
  2. Harus selalu ditanamkan sejak dini ini, meskipun memang lebih baik dimasukkan ke sekolah TPA.. cuma sebagai orang tua harus nyicil juga ngajarin ngaji

    BalasHapus
  3. Albata memang bisa dijadikan pilihan yang pas untuk anak2. Apalgi dijarkan membaca al-quran. Ini modal utama untuk membentuk anak Sholih dan Sholihah.

    BalasHapus
  4. Wah Albata memiiki program belajar mengaji secara online ya
    Bagus untuk membantu anak anak belajar mengaji

    BalasHapus
  5. Pas buka web nya Albata ternyata pilihan kelasnya lumayan beragam, ya. Mulai dari kelas kindergarden sampai teenager.
    Kurikulumnya nya bagus banget. Perpaduan Kurikulum Islam dengan Montessori yang akan membuat anak aktif dengan tetap berdasar pada syariah agama

    BalasHapus
  6. Untuk mengajarkan mengaji memang gak mudah. Apalagi terkait tahsin atau membaca dengan tartil. Sehingga jika ada lembaga online seperti Albata TPQ Teens Online Private yang bisa membantu, alangkah beruntung. Dibimbing oleh seorang Ustadzah bagi anak-anak perempuan dan Ustadz bagi anak laki-laki dengan hijab (terkait suara) adalah metode pembelajaran mengaji yang terbaik.

    BalasHapus
  7. Kalau ada cara yang menyenangkan seperti ini dan juga memudahkan, pasti anak akan happy banget belajar mengaji yah. Jadi orang tua tak perlu khawatir lagi kalau sudah seperti ini

    BalasHapus
  8. Terbiasa di rumah mendengarkan kajian, baik lewat muratal maupun keluarga, jadinya si anak juga semangat belajar mengajinya

    BalasHapus
  9. Bisa jadi referensi bagi yang ingin mengajarkan anaknya mengaji ya Albata ini. Soal harga tidak masalah asal pondasi anak kuat

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, sekarang ngajarin anak ngaji nggak perlu ribet ya, karena ada Albata TPQ Teens Online Private. Dengan pertemuan 8x sebulan, hanya satu anak dan seorang pengajar, dengan biaya segitu sih termasuk terjangkau, plus dapet ilmu mengaji yg sesuai.

    BalasHapus
  11. rekomended nih Albata TPQ Teens Online Private untuk yang di derah rumahnya gak ada TPQ atau lokasinya jauh

    BalasHapus
  12. Aku pernah nih ngajak si kecil utk bljr Quran di TPQ dkt rumah. Tp smggu dtg, dia udh ga betah.

    Aku coba ngajar sendiri via Iqro. Msh Iqro 1 aja nih blm khatam2 krn aku pgn lablncar bgt. Dia suka nangis kl diajak bgaji.

    Mgkn aku mau pake Abata ini deh. Smg kl bljr via gadget, dia msh mau mengikuti krn tiap hari pegangannya ya hp/tablet mulu sih.

    BalasHapus
  13. Amazing, Your blogs are really good and informative. Jika anak-anak dirasa sudah lolos dengan surat pendek, kita bisa melanjutkannya dengan surat yang lebih panjang Motorcycle Accident Lawyer Virginia. I got a lots of useful information in your blogs. It is very great and useful to all. Keeps sharing more useful blogs...

    BalasHapus
  14. Untuk cara pengajaran sendiri, akan menggunakan aplikasi TalkCloud+ (aplikasi khusus untuk edukasi atau pembelajaran anak). Karena aplikasi ini sudah kids friendly, anak-anak pun diharapkan bisa mengikuti pembelajaran dengan senang.
    virginia uncontested divorce papers

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas tips belajar mengaji anak dari rumah! Menyajikan suasana belajar yang menyenangkan dengan huruf hijaiyah dan tanda baca akan memberikan pengalaman berharga bagi anak. Bagus sekali
    Careless Driving Ticket New Jersey

    BalasHapus
  16. The review targets athletes, drivers, and people with health conditions, and provides a breakdown of the content and accessibility of the system. However, it also mentions potential drawbacks, such as battery life for the app and missing aspects like cost and privacy considerations. The key is to be specific, engaging, and helpful in your comment, encouraging readers to consider the "In Case of Accident" solution based on their needs.
    divorce lawyers fredericksburg va

    BalasHapus
  17. This text provides a comprehensive guide for children to learn about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, teaching them about the Quran, and teaching them about the Quran. The guide is available for free and can be used by parents. reckless driving virginia lawyer cost

    BalasHapus

Posting Komentar