Tips Mengajarkan Anak Tentang Disiplin

24 komentar

Mengajarkan anak tentang disiplin tentu tidak mudah. Namun bukannya tidak mungkin untuk diusahakan. 


Tips Mengajarkan Anak tentang Disiplin

Bunda, apakah Anda termasuk orangtua yang mengalami kesulitan ketika mengajarkan anak tentang disiplin? Bagaimana sih agar Anak kita menjadi disiplin tanpa membuat orangtuanya memaksa, yuk simak tips menarik mengajari Anak tentang disiplin berikut ya :

1. Jadwalkan Kegiatan Rutinitas

Dengan memberikan jadwal kegiatan dengan rutin pada si kecil, kita sudah mampu mengajarkannya tentang disiplin pada waktu. Bangunkan si kecil pada waktu yang sama setiap harinya, lalu ajaklah dia untuk mandi dan sarapan pagi sebelum dia memulai aktivitasnya yang lain. 

Kegiatan rutin ini akan semakin baik jika kita membuatnya dengan cara tertulis dan bisa di baca atau di lihat oleh anak-anak kita.

Sehingga anak akan menjadi lebih disiplin karena terbiasa melihat jadwal mereka yang sudah dibuat dan akan menjalaninya dengan gembira. Melalui cara ini, sikecil akan terbiasa untuk melakukan kegiatan yang sudah disepakatinya, cara ini juga bisa mengajarkan dia untuk lebih bertanggungjawab ketika melakukan aktivitasnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

2. Ajarkan Dan Jelaskan Perintah Dengan Detail

Ketika usia anak masih terlalu kecil, dia akan sulit menerima dan memahami suatu perintah yang abstrak. Si kecil akan mudah memahami jika kita menjelaskannya secara spesifik. Misalnya saja ketika kita meminta sikecil untuk membereskan mainannya, usahakan untuk bisa menjelaskan dengan detail apa yang harus dia lakukan. 

Kapan dia harus melakukannya dan mengapa dia perlu melakukannya, dengan cara ini sikecil akan lebih mudah memahami keinginan kita, dan seiring waktu dia akan melakukan apa yang sudah pernah kita sampaikan dengan sendirinya.

3. Konsisten Di Hadapan Anak

Bund, pasti pernah kan mengalami perbedaan pendapat saat kita berdiskusi dengan anak tentang cara mendidik dan membuat anak menjadi disiplin? Hal ini memanglah wajar terjadi, karena kita pasti punya keinginan untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk anak kita.

Namun, sebaliknya perbedaan ini jangan dibawa di depan anak kita ya bun, pastikan kita sudah satu suara saat mengajarkan kedisiplinan untuk anak kita. Jika kita memiliki pendapat dan suara yang berbeda, tentunya anak juga akan merasa bingung harus nurut yang mana?

Tetapi jika kita ayah dan bundanya satu suara dan konsisten dengan pilihan itu, maka dia akan lebih mudah dalam melatih kedisiplinannya.

4. Ajari Anak Tentang Konsekuensi Dan Apresiasi

Ini adalah hal yang paling mudah untuk mengajarkan anak melatih kedisiplinannya. Yaitu dengan cara memberikan konsekuensi dan memberinya apresiasi. Ketika di kecil berhasil melakukan suatu hal dengan disiplin, berilah dia apresiasi dengan pujian atau pelukan untuknya.

Kita juga bisa membuatkan papan tulisan sederhana tentang seluruh pencapaiannya selama ini. Bisa juga membuatkan amplop khusus untuk diisi jika si kecil berhasil melakukan kedisiplinan. Berikan waktu dan lihatlah betapa banyak usahanya untuk menjadi anak yang disiplin. Jika amplop itu sudah penuh, kita bisa memberikan hadiah kecil untuk membuatnya semakin bersemangat lagi

Sebaliknya, kita juga perlu untuk mengajarkannya tentang konsekuensi. Saat si kecil melakukan hal yang tidak disiplin, berikan konsekuensi yang telah kita setujui dengan anak sebelumnya. Misalkan ketika si kecil tidak berhasil membereskan mainannya sendiri, maka dia tidak akan bisa bermain dengan mainannya yang lain. 

Sampai mainan yang sebelumnya dibereskan. Dengan mengajarinya tentang hal sederhana ini, seiring waktu si kecil akan memahami tentang pentingnya sikap disiplin.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak menjadi lebih disiplin. Bagaimanapun, mengajarkan anak tentang disiplin sejak dini, berarti kita sudah menyiapkan anak untuk masa depannya yang lebih baik. 

Tak ada yang salah dengan mengajarkannya disiplin sejak mereka masih kecil. Justru dengan cara ini, anak akan menjadi terbiasa dan selalu melakukan disiplin ketika mereka besar nanti. Semoga bermanfaat ya ;)

Related Posts

24 komentar

  1. Your website Is nice and informative. Please continue such kind of good effort. 카지노사이트

    BalasHapus
  2. Really a nice article. Thank you so much for your efforts. Definitely, it will be helpful for others.
    카지노사이트

    BalasHapus
  3. I am really happy to say that I deeply read your article. I am searching like this type valuable information, it’s really helpful for me. 카지노사이트

    BalasHapus
  4. Nice response in return of this question with real arguments and explaining the whole thing about that.
    온라인카지노

    BalasHapus
  5. Hurrah! Finally I got a website from where I be capable of truly take helpful facts regarding my study and knowledge.
    바카라사이트

    BalasHapus
  6. Outstanding arguments. Keep up the great spirit.
    슬롯머신

    BalasHapus
  7. This is a Very Grateful and Helpful Post 토토사이트
    I'm really impressed with Great Content. This is really a big and great source of information.

    BalasHapus
  8. This article is very helpful and interesting too.스포츠토토I was actually captured with the piece of resources you have got here. Big thumbs up for making such wonderful blog page!


    BalasHapus
  9. These are actually impressive 카지노사이트
    ideas in concerning blogging. Thanks for posting this, it was unbelievably informative and helped me a lot.

    BalasHapus
  10. Hello, I’m happy to see some great articles on your site. Would you like to come to my site?안전놀이터

    BalasHapus
  11. Great blog article. Really looking forward to read more.토토

    BalasHapus
  12. Great! thanks for sharing it was very informative blog. 바카라사이트

    BalasHapus
  13. Very good article! We are linking to this great article on our website. Sanemoku App

    BalasHapus
  14. Keep up your wonderful work and thanks for sharing your knowledge with the world.
    abogado bk cerca de mí

    BalasHapus
  15. "Nurturing discipline with patience and care,
    Guiding young minds, lessons to share.
    Consistent boundaries, a steady embrace,
    Empowering their growth with love and grace."Alexandria Traffic Lawyer

    BalasHapus
  16. Thank you for posting such a great Work! It contains wonderful and helpful posts. DUI Lawyer Charlotte VA

    BalasHapus
  17. Thankyou for this wonderful article. I regularly read your article, all are very amazing. Keep sharing such good info. Find me on Facebook,
    Instagram,
    TikTok,
    Twitter,
    YouTube

    BalasHapus
  18. Set clear expectations: Clearly define rules and expectations, so children understand what's required of them.
    Consistency is key: Maintain a consistent approach to discipline to avoid confusion.
    Positive reinforcement: Reward good behavior to motivate children to stay disciplined.
    Lead by example: Be a role model by demonstrating discipline in your own life.
    Communication: Encourage open communication and explain the importance of discipline to children.
    fatal motorcycle accident in virginia

    BalasHapus
  19. "Nurturing discipline with kindness and patience, guiding young minds, and sharing lessons. Setting clear limits and giving them a constant embrace while supporting their growth with love and grace.Divorce Lawyers Fairfax VA | Divorce Attorneys Fairfax VA

    BalasHapus
  20. I admire this article for the well-researched content and excellent wording. I got so involved in this material that I couldn’t stop reading. I am impressed with your work and skill. Thank you so muchCalculadora de Divorcio Estado de Nueva York

    BalasHapus
  21. Teaching discipline to children involves setting clear expectations, offering consistent consequences, and modeling self-control. Use positive reinforcement, communicate effectively, and encourage problem-solving. Establish routines, provide choices within limits, and emphasize empathy. Foster a supportive environment that nurtures self-discipline, helping children develop essential life skills. This blog is a goldmine of information. Your blog packs a punch in just a few sentences. Your words are like gems. Thank you for sharing this! A quick, delightful read that left me inspired.divorce laws in virginia

    BalasHapus
  22. "Enseñar a los niños sobre la disciplina es sembrar las semillas de responsabilidad y autodisciplina que florecerán a lo largo de sus vidas. Inculcar valores de respeto, organización y compromiso desde temprana edad no solo ayuda a crear hábitos positivos, sino queRegistro Violencia Domestica Nueva Jersey
    también les proporciona las herramientas necesarias para enfrentar los desafíos de manera ética y efectiva en el futuro. ¡Educar a nuestros hijos en la disciplina es brindarles un regalo duradero que los empoderará en su camino hacia el éxito y la madurez!"

    BalasHapus

Posting Komentar