Tips Mengajarkan Anak Tentang Disiplin

Mengajarkan anak tentang disiplin tentu tidak mudah. Namun bukannya tidak mungkin untuk diusahakan. 


Tips Mengajarkan Anak tentang Disiplin

Bunda, apakah Anda termasuk orangtua yang mengalami kesulitan ketika mengajarkan anak tentang disiplin? Bagaimana sih agar Anak kita menjadi disiplin tanpa membuat orangtuanya memaksa, yuk simak tips menarik mengajari Anak tentang disiplin berikut ya :

1. Jadwalkan Kegiatan Rutinitas

Dengan memberikan jadwal kegiatan dengan rutin pada si kecil, kita sudah mampu mengajarkannya tentang disiplin pada waktu. Bangunkan si kecil pada waktu yang sama setiap harinya, lalu ajaklah dia untuk mandi dan sarapan pagi sebelum dia memulai aktivitasnya yang lain. 

Kegiatan rutin ini akan semakin baik jika kita membuatnya dengan cara tertulis dan bisa di baca atau di lihat oleh anak-anak kita.

Sehingga anak akan menjadi lebih disiplin karena terbiasa melihat jadwal mereka yang sudah dibuat dan akan menjalaninya dengan gembira. Melalui cara ini, sikecil akan terbiasa untuk melakukan kegiatan yang sudah disepakatinya, cara ini juga bisa mengajarkan dia untuk lebih bertanggungjawab ketika melakukan aktivitasnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

2. Ajarkan Dan Jelaskan Perintah Dengan Detail

Ketika usia anak masih terlalu kecil, dia akan sulit menerima dan memahami suatu perintah yang abstrak. Si kecil akan mudah memahami jika kita menjelaskannya secara spesifik. Misalnya saja ketika kita meminta sikecil untuk membereskan mainannya, usahakan untuk bisa menjelaskan dengan detail apa yang harus dia lakukan. 

Kapan dia harus melakukannya dan mengapa dia perlu melakukannya, dengan cara ini sikecil akan lebih mudah memahami keinginan kita, dan seiring waktu dia akan melakukan apa yang sudah pernah kita sampaikan dengan sendirinya.

3. Konsisten Di Hadapan Anak

Bund, pasti pernah kan mengalami perbedaan pendapat saat kita berdiskusi dengan anak tentang cara mendidik dan membuat anak menjadi disiplin? Hal ini memanglah wajar terjadi, karena kita pasti punya keinginan untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk anak kita.

Namun, sebaliknya perbedaan ini jangan dibawa di depan anak kita ya bun, pastikan kita sudah satu suara saat mengajarkan kedisiplinan untuk anak kita. Jika kita memiliki pendapat dan suara yang berbeda, tentunya anak juga akan merasa bingung harus nurut yang mana?

Tetapi jika kita ayah dan bundanya satu suara dan konsisten dengan pilihan itu, maka dia akan lebih mudah dalam melatih kedisiplinannya.

4. Ajari Anak Tentang Konsekuensi Dan Apresiasi

Ini adalah hal yang paling mudah untuk mengajarkan anak melatih kedisiplinannya. Yaitu dengan cara memberikan konsekuensi dan memberinya apresiasi. Ketika di kecil berhasil melakukan suatu hal dengan disiplin, berilah dia apresiasi dengan pujian atau pelukan untuknya.

Kita juga bisa membuatkan papan tulisan sederhana tentang seluruh pencapaiannya selama ini. Bisa juga membuatkan amplop khusus untuk diisi jika si kecil berhasil melakukan kedisiplinan. Berikan waktu dan lihatlah betapa banyak usahanya untuk menjadi anak yang disiplin. Jika amplop itu sudah penuh, kita bisa memberikan hadiah kecil untuk membuatnya semakin bersemangat lagi

Sebaliknya, kita juga perlu untuk mengajarkannya tentang konsekuensi. Saat si kecil melakukan hal yang tidak disiplin, berikan konsekuensi yang telah kita setujui dengan anak sebelumnya. Misalkan ketika si kecil tidak berhasil membereskan mainannya sendiri, maka dia tidak akan bisa bermain dengan mainannya yang lain. 

Sampai mainan yang sebelumnya dibereskan. Dengan mengajarinya tentang hal sederhana ini, seiring waktu si kecil akan memahami tentang pentingnya sikap disiplin.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak menjadi lebih disiplin. Bagaimanapun, mengajarkan anak tentang disiplin sejak dini, berarti kita sudah menyiapkan anak untuk masa depannya yang lebih baik. 

Tak ada yang salah dengan mengajarkannya disiplin sejak mereka masih kecil. Justru dengan cara ini, anak akan menjadi terbiasa dan selalu melakukan disiplin ketika mereka besar nanti. Semoga bermanfaat ya ;)

No comments

Post a Comment