Bisa Serang Siapa Saja, Ini Dia Penyebab Asam Urat

16 komentar
Penyebab asam urat memang sering kali tidak dirasakan di awal kemunculannya. Hal ini, dikarenakan tanda-tanda yang dirasakan oleh tubuh, memang menyerupai dengan kondisi tubuh pada umumnya.

Jika sudah begitu, banyak dari kita yang kemudian mengabaikannya karena itu merupakan kondisi yang lumrah, terlebih jika yang mengalaminya adalah para lansia. Mengapa? Hal ini dikarenakan, rasa nyeri-nyeri pada sendi dianggap wajar mengingat usia mereka yang senja.

penyebab asam urat

Asam urat adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C₅H₄N₄O₃ dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL dan 8,3 mg/dL yang merupakan turunan dari purin. Senyawa ini juga dihasilkan secara alami oleh tubuh dan juga dari makanan.

Nah, perlu teman-teman ketahui, bahwa asam urat ini tidak mengenal usia. Benar. Bisa menyerang siapa pun dari semua kelompok usia. Asam urat normal adalah 2,5-7,5 mg/dL untuk perempuan dan 4,0-8,5 mg/dL untuk laki-laki.

Lalu, apakah orang yang sering merasakan nyeri sendi, bisa dikatakan menderita asam urat? Tidak. Karena untuk kondisi seperti itu, paling tidak kadar asam urat kita berada di bawah 6,0 mg/dL. Jika lebih dari itu, alangkah bijaknya jika mengunjungi pelayanan kesehatan.

Apakah teman-teman tahu, jika rendah tingginya nilai asam urat ini bisa juga dijadikan indikasi adanya masalah pada tubuh?

Setelah mengetahui beberapa poin penting tentang asam urat, mari kita lihat, apa saja pemicu munculnya atau naiknya asam urat pada tubuh.

Penyebab Asam Urat

  • Genetik (Keturunan)
Apakah teman-teman tahu, jika asam urat bisa diturunkan secara genetik? Resiko lebih besar adalah apabila seorang anak memiliki orang tua dengan riwayat asam urat. Maka, si anak ini memiliki peluang yang besar untuk mengidap penyakit yang sama.

  • Faktor Usia
Banyak yang sering berkelakar, jika setelah memasuki usia tua, maka tubuh akan semakin sering sakit atau berpenyakit. Ada juga yang pernah mendengar?

Nyatanya, kelakar tersebut benar adanya. Untuk laki-laki, kemungkinan terserang asam urat sendiri berkisar antara usia 30 sampai 50 tahun. Sedangkan untuk perempuan, terserang penyakit ini umumnya terjadi setelah memasuki masa menopause

Fakta lain yang juga perlu diketahui adalah, jika ternyata perempuan memiliki kemungkinan lebih kecil terserang asam urat dibanding laki-laki. Hal ini dikarenakan, perempuan memiliki lebih sedikit kadar uric acid dalam dirinya.

  • Gaya Hidup
Rasanya kita semua akan setuju jika gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu gerbang masuknya berbagai penyakit, termasuk asam urat ini.

Asupan makanan yang tidak berimbang, justru akan menjadi penyebab asam urat tersebut. Ada beberapa sayuran penyebab asam urat yang bisa teman-teman pertimbangkan saat akan mengkonsumsinya.


asam urat normal


Berbagai Sayuran Penyebab Asam Urat

  • Bayam
Bayam adalah salah satu sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Ternyata kandungan purinnya juga tinggi, untuk 100 gram bayam mengandung 57 purin.

  • Kembang Kol
Sayuran penyebab asam urat selanjutnya sering kita temui di menu rumahan. Namun, apakah teman-teman tahu, jika kandungan purin dalam kembang kol ini mencapai 23 gram setiap 100 gram kembang kol?

  • Jamur
Untuk penikmat jamur, perhatikan jumlah konsumsi harian terhadap makanan yang satu ini, ya. Karena meskipun enak dan gurih, ternyata jamur juga tinggi purin.

  • Melinjo
Sayuran yang satu ini rasanya cukup populer di kalangan lansia, khususnya penderita asam urat. Hal ini dikarenakan, kandungan purin dalam melinjo mencapai 150 gram purin dalam setiap 100 gram melinjo.

Pada dasarnya, semua penderita asam urat tetap diperbolehkan mengkonsumsi sayuran di atas dan sayuran lainnya, tapi tetap harus dalam batas wajar.

Mengingat penyebab asam urat ini tidak begitu kentara, ada baiknya kita menjaga tubuh dengan mengimbanginya dengan konsumsi makanan dan minuman bernutrisi, seperti susu misalnya.
Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

16 komentar

  1. nah mamak aku juga kena asam urat nih, emang karena usia juga sih ya, dan mungkin pola makan yg suka gorengan sama lemak

    BalasHapus
  2. Suami saya sering kambuh asam uratnya. Dia pun seolah lupa apa yang sudah dia makan, tahu-tahu kakinya bengkak bahkan tidak bisa digerakkan. Dan keluhan seperti itu sudah ia rasakan sejak kecil. Mungkin ini disebabkan karena faktor genetik sehingga susah sembuhnya.

    BalasHapus
  3. Ternyata memang kuncinya harus menjaga pola hidup yang sehat ya, Mbak. termasuk rajin olahraga, dan seputar makanan. Dan saya baru tahu, kalau bayam penyebab asam urat juga. Jadi harus dikurangi nih.

    BalasHapus
  4. Eh, baru tahu kalau asam urat jiga dipengaruhi faktor genetik. Tapi kalau kata dokter langganan ibuku, biasanya gejala nya tih kerasa banget waktu bangun tidur di pagi hari

    BalasHapus
  5. Kalau sudah punya masalah asam urat jangan coba coba deh untuk melanggar pantangan. Sudah pasti bengkak dan bikin masalah beberapa hari kedepan heheh. kudu waspada dan menahan diri ama makanan pantangan

    BalasHapus
  6. Ibu aq juga kena asam urat kak, cara jalannya udah gak bisa tegap soalnya nahan kaki yang sakit kalo dibuat jalan jauh. Alhamdulillahnya ibu q bisa stop makanan2 penyebab asam urat dan gak lupa minum obat kalo pas sakit

    BalasHapus
  7. Udah ada bibit dari faktor genetik, maka kudu jaga kesehatan dengan pola hidup sehat ya. Apalagi lupa diri misalnya pas lihat makanan eh ada yang dipantang ikut kemakan nah..nah.

    BalasHapus
  8. Pantesan om-omku menghindari jenis makanan di atas, ternyata bikin asam urat to. Ciri-ciri asam urat tuh kaya gimana ya...

    BalasHapus
  9. Wah iya, asam urat bisa diderita oleh siapa saja
    Solusinya ya menghindari makanan penyebab asam urat ya mbak

    BalasHapus
  10. Asam urat ini sekarang tak lagi di derita sama yg sudah berumur akan tetapi di derita yg masih muda juga. Karena pola hidup yg tak sehat yg menyebabkan asam urat terjadi. (Gusti yenj)

    BalasHapus
  11. mamaku punya asam urat. kasihan banget kalau udah kambuh :( aku juga pengin cek tapi belum kesampaian nih

    BalasHapus
  12. melinjo memang terkena sebagai makanan yang tinggi asam urat. Eh ternyata kol, jamur, dan bayam juga yaa. Aku kebetulan kemarin cek asam urat, gula darah, dan kolesterol. Untungnya semua masih normal

    BalasHapus
  13. Duh bayam dan kembang kol itu makanan favorite saya banget, tapi ternyata bisa menyebabkan asam urat ya kalau dikonsumsi berlebihan, harus bisa ngatur porsinya nih.

    BalasHapus
  14. Kudu mulai gaya hidup sehat ya memang. Mulai memilah makanana biar nggak terserang asam urat

    BalasHapus
  15. Aku pikir agar gak mudah kena asam urat cukup minum setiap hari. Tapi mungkin bagi yang memiliki genetik, ada kecenderungan lebih mudah terkena asam urat daripada yang lain yaa.. Kondisi seperti ini yang kudu banget diwaspadai agar hidup senantiasa sehat, fit dan produktif.

    BalasHapus
  16. ayahku itu juga ada asam urat kak.. asli deh aku pun ketar ketir wkwk mulai sekarang jadi semakin semangat untuk melakukan gaya hidup sehat biar engga terlalu nurun gituu

    BalasHapus

Posting Komentar