Botox : Pengertian, Manfaat, Cara Sampai Hasil

Belakangan ini, botox atau therapy botox cukup menjadi salah satu perawatan “eksklusif” di masyarakat. Bukan hanya karena biayanya yang tidak kecil, tetapi hasil setelah perawatan botox terlihat sangat memuaskan.

Mungkin, kita melihat orang yang melakukan therapy botox ini hanya kalangan selebriti saja. Namun, sebenarnya sudah cukup banyak masyarakat umum yang juga melakukan perawatan ini. Benar?

Jika begitu banyak orang, baik wanita dan pria antusias untuk melakukan botox wajah, sebenarnya apa, sih, yang dimaksud dengan botox ini?


Apa yang Dimaksud dengan Botox?

Botox merupakan kependekan dari Botulinum Toxin, yang sebenarnya adalah neurotoksin yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Namun, dalam penggunaan medis dan estetika, Botox digunakan dalam bentuk yang sangat lemah dan aman untuk mengurangi garis-garis wajah dan kerutan.

Meskipun termasuk dalam kategori obat keras, tetapi botox sudah mendapatkan ijin resmi sebagai obat pelemas otot. Ya. Botox juga sangat umum digunakan untuk menyembuhkan penyakit saraf.

Dengan demikian, jika teman-teman ingin menggunakan therapy botox, pastikan hanya mengunjungi klinik resmi. Sebab, penggunaan botox harus dibawah pengawasan dokter secara langsung.

Bagaimana Cara Kerja Botox?

Lalu, bagaimana botox bekerja pada tubuh manusia? Secara umum, prosedur suntik botox itu bekerja dengan melemahkan otot yang diinginkan, hingga menutupi bagian saraf tertentu.

Tujuan dari penggunaan therapy botox adalah biasanya untuk menyamarkan kerutan pada area wajah dengan cara membekukan ototnya.

Sebelum Tindakan

Pada tahap ini, teman-teman akan melakukan serangkaian wawancara atau diskusi dengan dokter yang akan melakukan tindakan. Kita bisa mendiskusikan mengenai pembiusan atau yang lain.

Selama Tindakan

Jarum yang akan digunakan untuk melakukan therapy botox memiliki ukuran yang sangat kecil. Jumlahnya pun sangat bergantung pada kebutuhan masing-masing pasien.

Setelah Tindakan

Ketika suntik botox, sebaiknya kita tidak memijat atau menggosok area yang mendapat suntikan sampai 24 jam ke depan. Ini sebagai antisipasi agar tidak ada racun yang justru menyebar ke area kulit lainnya.

Sedangkan jika teman-teman merasakan ada efek yang samping yang mengkhawatirkan, segera hubungi pihak klinik kembali untuk berkonsultasi.

Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah botox, antara lain sakit kepala, munculnya gejala flu dan ada juga mengalami perut buncit. Kondisi tersebut tentu berbeda antar setiap orangnya.

Hasil Tindakan

Hasil dari botox, biasanya mulai terlihat paling lama 3 hari setelah perawatan. Untuk daya tahan juga dipengaruhi berbagai hal. Namun umumnya, botox ini bertahan sampai 3 bulan. Jika ingin mendapatkan hasil optimal, tentu kita harus rutin melakukan perawatan.

Agar tidak salah jadwal, teman-teman sebaiknya menanyakan terlebih dahulu kepada dokter kapan waktu yang tepat untuk melakukan botox kembali.


Apa Manfaat Botox?

Menutup artikel ini, mari kita lihat apa saja manfaat botox bagi kesehatan maupun kecantikan, ya.

Meremajakan Penampilan

Salah satu tanda ketika tengah mengalami masa penuaan adalah munculnya kerutan di beberapa area wajah. Melakukan therapy botox bisa menjadi solusi terbaik untuk kembali mengencangkan otot-otot tersebut.

Membantu Mengatasi Masalah Keringat

Apakah teman-teman mudah berkeringat meskipun tidak sedang melakukan kegiatan berat atau olahraga? Bisa jadi itu karena adanya hiperhidrosis. Botox juga bisa membantu mengatasi masalah ini, tetapi harus dilakukan secara bertahap selama beberapa waktu. Silakan berkonsultasi dulu, ya.

Perawatan Brow Ptosis

Adakah yang tahu tentang Brow Ptosis? Brow Ptosis adalah kondisi di mana alis mata kita terlihat turun atau jatuh. Suntik botox akan membantu mengencangkan kembali otot dahi kita setelah melakukan beberapa kali perawatan.


Bagaimana? Jika dilihat, memang tidak salah jika perawatan botox menjadai salah satu perawatan yang banyak dipilih. Karena tidak hanya untuk keindahan wajah saja, tetapi juga berguna untuk kesehatan. Namun, sebelum melakukan therapy botox, pastikan teman-teman hanya melakukan perawatan di klinik terpercaya, ya. 
Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

Posting Komentar