Dukungan IndiHome Tanpa Batas, Jadikan Ibu Hamil Bahagia dan Mindfulness Dari Rumah

16 komentar

Hamil dan melahirkan adalah pengalaman spiritual tak terlupakan.

Ungkapan di atas pernah disampaikan salah satu bidan yang akan aku ceritakan di tulisan kali ini. Untuk semua wanita, tentu akan sepakat dengan ungkapan. Ada banyak hal yang kita rasakan dalam satu waktu, dalam rentang waktu yang cukup lama.

Saat awal mengetahui kabar kehamilan, aku cukup banyak meluangkan waktu untuk membaca. Ya, karena ketika itu belum punya kenalan bidan atau dokter kandungan yang pas di hati.

Kebetulan suami adalah seorang programmer, jadi dia cukup solutif soal internet. Salah satu fasilitas yang aku dapatkan sejak menjadi istrinya adalah wifi. Bagiku yang full 24 jam di rumah, keberadaan wifi ini jadi hiburan sendiri, loh!

Nah, karena punya fasilitas ini, akhirnya aku pun memanfaatkannya untuk mencari banyak literatur tentang proses hamil dan melahirkan. Setiap hari selalu membaca artikel digital tentang hal-hal tersebut.

Sebagai seorang yang punya gangguan kecemasan, membaca artikel ini cukup menenangkanku, sih. Meskipun dapat masukan dari orang terdekat dan tenaga medis, tapi entah kenapa rasa cemas itu tetap ada.

Karena aku merasa “setiap kehamilan dan melahirkan itu selalu berbeda pada setiap orangnya”. Alasan itulah yang akhirnya membuatku banyak mencari “perbandingan” dan referensi ilmiah.

Berbekal jaringan internet dan media sosial, akhirnya aku menemukan banyak sumber ilmu yang menurutku sangat berpengaruh besar dalam proses spiritualku.

Manfaat Internet Untuk Ibu Hamil yang Rumahan

Yap. Aku adalah tipe-tipe ibu rumahan, yang keluar rumah cuma kalau pergi sama suami atau ke warung tetangga. Bukan ansos, sih, cuma lebih ke menjaga dan membatasi pergaulan aja.

Takut ghibaaaah bestie, kalau kelamaan ngobrol di abang sayur atau warung tetangga. Jadi, ya memang keluar kalau pas memang penting dan urgent banget.

Termasuk ketika aku hamil pun demikian. Jadwalku keluar rumah adalah setelah sholat shubuh saat power walk sekalian belanja ke tukang sayur, siang ke rumah mertua (karena dulu kami satu gang), dan sore jajan depan SD (hahahaha).

Di rumah ngapain? Nah, di sinilah manfaat internet itu sangat terasa untukku, ya.Karena meskipun banyak di dalam rumah, aku tetap memberikan hak belajar pada diri ini.
 
kelas ibu hamil online

Media Sosial Mempertemukanku dengan Banyak Fasilitator

Karena tidak ingin memiliki pengalaman tak menyenangkan di kehamilan pertama, aku memutuskan untuk mencari banyak referensi di media sosial. Akhirnya, aku menemukan beberapa fasilitator yang sampai saat ini tetap menginspirasi untukku

Adakah yang kenal dengan Bidan Yessie? Akun media sosialnya @bidankita. Ini adalah salah satu bidan yang menurutku sangat layak diambil semua ilmunya, ya. Karena beliau ini memiliki kesan yang hangat dan menenangkan.

Dari beliaulah aku paham, jika kehamilan adalah proses yang harusnya diiikuti dengan ilmu. Karena mau bagaimanapun, tubuh kita nantinya akan bekerja dengan sangat keras untuk mengeluarkan bayi. Bagaimana jika tidak memiliki kesiapan?

Itulah mengapa, Bidan Yessie pun mengatakan, jika memang belum siap hamil maka menundanya adalah keputusan yang bijak. Karena psikis ibu sangat penting, mulai dari hamil hingga menyusui.

Bidan Yessie, atau kami biasa memanggilnya Budhe ini, sering mengadakan kelas daring, seperti prenatal gentle yoga hingga pernafasan. Beruntungnya, meskipun tidak bisa bergabung di satu jadwal, kita tetap bisa belajar dari website dan Youtube channel beliau.

Dari beliau pun aku belajar banyak tentang pernafasan saat kontraksi dan melahirkan, belajar bagaimana teknik power walk yang benar, cara ngepel jongkok yang betul hingga pijat perineum.

Setiap hari selalu melihat tayangan Youtube beliau untuk melakukan yoga hamil. Bahkan ada salah satu video yang aku unduh, karena isinya afirmasi yang sangat positif.

Tidak hanya Budhe saja, ada juga bidan Mila. Ada yang kenal? Bidan Mila atau Jamilatus Sa’diyah ini adalah trainernya Aurel Hermansyah hingga Nikita Willy. Selain bidan, beliau juga seorang doula. Jadi sudah pasti, kontennya ini membawa aura-aura positif.

Lalu ada konselor laktasi, Citra Ayu, kami memanggilnya Mak Aji @olevelove.

Jadi, berbekal internet dan gadget, aku bisa mendapatkan banyak ilmu dan insight yang sangat berpengaruh dalam hidupku.


prenatal gentle yoga pasangan

Internet Punya Peran Penting dalam Hidupku Menjadi Ibu

Masih berhubungan dengan ceritaku sebelumnya, yakni bagaimana manfaat internet ini sangat berpengaruh dalam hidupku. Khususnya saat hamil, menuju persalinan hingga saat ini.

Dengan menggunakan internet, aku bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah tentang teknik pernafasan.

Untuk teman-teman yang belum tahu. Jadi, sebenarnya bernafas saat mengalami kontraksi dan mengejan itu berbeda. Baik mulai dari tarikan sampai membuangnya pun berbeda. Itulah mengapa, jadi ibu hamil pun harus mau belajar.

Namun nyatanya, hal seperti ini tidak banyak disampaikan oleh nakes di dunia nyata. Termasuk nakes di tempatku akan melahirkan.

Itulah mengapa, aku memutuskan tetap mencari ilmu secara daring. Karena akses informasinya sangat mudah lengkap, tentu saja aku ketagihan untuk terus mencari dan mencari.

Tidak hanya aku saja, tapi suamiku juga ikut merasakan mudahnya akses informasi di internet ini. Saat melakukan pijat perineum misalnya, Bidan Yessie menjelaskan dengan sangat jelas dan detail. Asal tahu saja, tidak banyak ibu hamil yang mendapatkan edukasi ini.

Btw, maaf ya jika part ini agak sensitif, tapi memang begitu nyatanya.

Saat tetap harus dilakukan episiotomi pun aku tidak menyesal, karena memang sudah mengusahakan yang terbaik.

Konsultasi dengan Konselor Laktasi Pun Semudah Bertatap Muka

Bagian lain yang juga berhasil aku lalui dengan indah adalah saat menyusui. Hmm, rasanya banyak ibu yang juga merasakan fase ini ya. Yes. Drama menyusui saat anak mulai tumbuh gigi hahaha

Nah, beruntungnya, saat itu awal Covid mulai merebak di Indonesia. Aku memiliki akses yang terbatas ke konselor laktasi, karena sedang berada di rumah ibu yang berada di pinggir Jawa Tengah.

Tidak ada konselor laktasi di sana, hanya ada bidan dan dokter kandungan saja. Jadilah aku dan suami bersepakat untuk berkonsultasi dengan konselor secara daring.

Saat itu, aku memanfaatkan keberadaan AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Bersyukur sekali mengetahui mereka dari media sosial. Drama menyusui berlalu dengan indah penuh kesabaran.

Tak berhenti di situ, saat harus membeli obat sesuai resep pun cukup mudah. Aku hanya perlu datang ke apotek dan menunjukkan resep dari konselor yang diberikan secara virtual.

Mudah sekali, bukan? Ya, karena manfaat internet memang untuk memudahkan kegiatan manusia.


 
kelas hypnobirthing online

Kelas Hypnobirthing, Momen Melahirkan Nyaman dan Menyenangkan

Saat hamil, entah bagaimana aku semakin bermasalah dengan kecemasan. Sampai akhirnya, bertemulah aku dengan sebuah artikel yang berisi tentang hypnobirthing. Hypnobirthing adalah salah satu metode melahirkan yang mengutamakan relaksasi dan hipnosis.

Jadi, teknik ini memang sepenuhnya mengandalkan peran ibu sebagai subyek utamanya. Hypnobirthing sendiri diklaim mampu membantu ibu melepas stress, kecemasan, mengurangi rasa sakit hingga meminimalkan trauma persalinan.

Namun, teknik ini membutuhkan latihan yang konstan. Karena bagaimanapun, sensasi saat kontraksi dan persalinan tentu tetap akan dirasakan. Di sinilah hypnobirthing ini bertugas. Yakni membantu ibu menghalau rasa sakit itu dengan nyaman dan menyenangkan.

Salah satu bidan yang cukup concern tentang ini adalah Bidan Yessie tadi. Memahami kondisi para ibu hamil, yang besar kemungkinan tinggal di daerah dan memiliki akses terbatas tentang edukasi semacam ini, akhirnya beliau membuat kelas daring.

Tentu saja ini menguntungkan untukku dan banyak ibu lainnya. Di Semarang sendiri ada kelas hypnobirthing, tapi tidak memungkinkan jika aku menempuhnya pulang pergi menggunakan transportasi umum.


Belajar Daring, Ibu Hamil Punya Kesempatan yang Sama untuk Melahirkan Minim Trauma

Meskipun hanya melakukan interaksi virtual, tapi komunikasi yang tercipta rasanya begitu hangat dan saling menguatkan. Mungkin ada yang berpikir, untuk apa buang-buang kuota internet untuk kegiatan seperti itu.

Namun, ada sebagian ibu yang justru merasa terbantu dengan adanya fasilitas daring tersebut, salah satunya aku.

Apakah aku berhasil melahirkan minim trauma? Ya. Satu momen yang paling aku ingat adalah saat gelombang cinta itu datang semakin intens.

“Nafas, nafas, nafas, nafas”

Apakah kelas-kelas virtual tersebut berbayar? Ada yang berbayar dan ada yang juga yang gratis. Namun, selalu ada perbedaan diantara keduanya, kan?

Namun, seperti yang aku bilang, faktanya masih banyak ibu hamil yang belum berdaya dengan edukasi seperti ini. Akhirnya, banyak yang mengeluhkan berbagai kejadian saat melahirkan, seperti tindakan episiotomi yang dilakukan tanpa konfirmasi sebelumnya.

Saat ini, banyak sekali orang (terlebih generasi milenial) yang memiliki gadget dan tentu saja mampu mengakses internet.

Misalkan saja Bidan Yessie, beliau memberikan banyak video di kanal Youtube miliknya agar bisa diakses oleh banyak orang. Tentu saja ini tidak berbayar, hanya perlu mengeluarkan kuota saja.

Jadi, pertanyaan selanjutnya, apakah mengikuti kelas virtual semacam ini termasuk pemborosan? Oke, yuk aku ceritakan lagi.

Bebas Gabung Kelas Virtual, Langganan Internet dengan Jaminan Kualitas Memuaskan

Penggunaan kuota inilah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang saat melakukan kelas daring. Karena tidak dipungkiri, jumlah kuota yang dikeluarkan saat melakukan video conference, seperti saat menggunakan Zoom Meeting maupun Google Meet ini lebih besar dibanding penggunaan lainnya.

Selain itu, kestabilan jaringan juga menjadi pertimbangan saat akan mengikuti kelas daring ini. Apalagi, durasi kelasnya berlangsung cukup lama, bisa dua hingga tiga jam.

Tentu saja tidak asik, jika fasilitator sedang menjelaskan tentang teknik rebozo tapi tiba-tiba sinyal terputus :’)

Ya. Bisa dibilang, budget paket internet dan jaminan jaringan ini berbanding lurus, ya.

 
kelebihan fiber optik

IndiHome Bantu Ibu Hamil Berdaya Tanpa Batas

Itulah kenapa, menggunakan IndiHome adalah jalan ninja terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome memberikan jaminan jaringan yang stabil dan cepat.

Maaf perjalanan anda terganggu, sedang dilakukan perbaikan jaringan fiber optik.

Ada yang pernah membaca tulisan itu? Iya. Biasanya ada di dekat galian tanah di jalan-jalan utama. Fiber optik ini memang ditanam, ya.

Kabel fiber optik inilah yang bertugas untuk mengirimkan data dengan cepat, melalui serat-seratnya yang sangat halus. Tentu kita tahu, jika kabel-kabel menggunakan listrik untuk mengirimkan data. Namun, tidak dengan fiber optik ini.

Fiber optik menggunakan aliran cahaya! Dengan demikian, maka jaringannya akan lebih aman dari gangguan elektromagnetik. Sering dengar, kan, kalau sinyal wifi timbul tenggelam saat hujan deras? Tidak dengan IndiHome, ya.

Selain menggunakan aliran cahaya tadi, kelebihan lain dari fiber optik ini adalah adanya serta kaca. Fungsi dari serat kaca ini adalah untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimal.

Jadi, jangan heran, kalau IndiHome adalah provider internet rumah dan cepat. Kecepatan IndiHome bisa menjadi 300 Mbps!

Melalui kecepatan dan kestabilan akses internet seperti itu, tentu akan memudahkan kita saat menghadiri kelas daring, kan? Meskipun cuaca sedang ekstrim seperti sekarang, IndiHome tetap bisa diandalkan.

Selain karena menggunakan kabel fiber optik ini, IndiHome juga memiliki jangkauan wilayah yang sangat luas. Benar. Ini juga sejalan dengan cita-cita Telkom Indonesia sendiri, yakni ingin memberikan akses informasi komunikasi yang cepat untuk semua masyarakat.

Maka, jika kita masuk ke daerah-daerah pinggiran ibu kota, IndiHome adalah jaringan internet yang paling banyak digunakan. Tidak salah, jika provider ini menjadi andalan Internetnya Indonesia.



Pilihan Layanan Menyenangkan, Ibu Hamil Juga Bisa Relaksasi Di Rumah

Sebagian ibu hamil, umumnya akan lebih mudah merasa lelah. Karena aku pun demikian. Terlebih ketika seharian mengurus urusan rumah tangga yang seolah tak ada habisnya.

Ingin sekali rasanya berbaring di kasur dengan sprei yang lembut, ruangan yang sejuk, menonton film kesukaan dan tidur dengan nyenyak :D

Karena di rumah sudah memiliki jaringan internet rumah dari IndiHome, tentu jam istirahat kita bisa lebih menyenangkan.


 

Mau Rebahan? IndiHome Fiber Siap Manjakan Bumil

Seperti yang aku bilang, kalau IndiHome ini sangat siap untuk memanjakan para bumil dari dalam rumah. Ada banyak layanan yang bisa kita rasakan, seperti IndiHome TV dan Telepon Rumah.

IndiHome TV atau juga yang biasa disebut dengan TV Interaktif ini memberikan kita banyak pengalaman baru yang mengagumkan. Pasalnya, kita tidak hanya melihat TV dalam keadaan pasif, loh.

Fitur Canggih IndiHome TV

TV on Demand

Dulu, aku paling sering kontrol kehamilan sore sampai malam, karena pagi sampai sore harus bekerja dulu. Jika sudah begini, tidak jarang melewatkan acara live kesayangan di TV.

Namun dengan adanya fitur TV on Demand ini, kita tetap bisa menyaksikannya lagi. Tidak hanya di hari itu saja, tapi sampai 7 hari ke belakang!

Video on Demand

Suka menonton tayangan video-video sepertiku? Dengan fitur ini, kita bisa dengan mudah memilih video mana yang ingin ditonton.

TV Storage

Fitur ini memberikan kita pengalaman menyimpan film dengan lebih menyenangkan. Untuk kualitas HD, kita bisa menyimpan sampai dengan durasi 240 menit. Lalu untuk SD, berkisar 600 menit.

Nah, kabar baiknya lagi, kita juga bisa upgrade storage ini sampai dengan 10GB!

Karaoke

Adakah bumil yang suka bernyanyi? Nah, fitur ini sangat cocok untuk bantu melepas stress dan kebosanan di rumah. Pilih lagu kesukaan dan mulailah bernyanyi …

Playback, Pause, Rewind

Semakin besar usia kandungan, biasanya ibu hamil juga akan semakin sering ke kamar mandi. Ya, kan? Hal ini dikarenakan kandung kemih ibu tertekan oleh rahim yang semakin besar.

Kejadian seperti ini (mendadak ingin buang air kecil) sering datang di saat yang tidak tepat, misalkan saat kita sedang asik menonton serial drama korea kesayangan (hahaha). Bimbang, kan? Mau ditinggal tapi seru, kalau lanjut nonton takutnya ngompol.

Tenang. Dengan fitur ini, bumil bisa tetap menuntaskan hajatnya dengan tenang dan tidak terburu-buru. Ada fitur Pause dan Rewind yang akan membantu kita tetap bisa mengikuti serial drama tanpa melewatkan apapun.

Juga ada Playback yang membantu kita melihat kembali adegan di episode sebelumnya, bahkan sampai dengan 7 hari yang lalu!



Terima Kasihku Pada Telkom Indonesia, Berkat IndiHome, Di Rumah Tetap Menyenangkan

Jika dalam memenuhi tuntutan meeting dan kelas daring menggunakan kuota internet provider, pasti tagihan bulanan untuk kuota internet membengkak sangat tinggi. Maka dari itu, solusi untuk menghemat kebutuhan internet yang tinggi di rumah tanpa takut kuota habis sewaktu-waktu adalah dengan memasang IndiHome di rumah kita.

Seperti yang aku bilang, IndiHome tidak hanya menawarkan layanan internet saja, tetapi juga menawarkan layanan telepon rumah dan televisi interaktif dengan menggandeng UseeTV.

Dengan adanya IndiHome di rumah, kebutuhan internet sudah tidak lagi dihantui dengan rasa takut akan kehabisan kuota sewaktu-waktu maupun speed yang kadang mbrebet karena di luar sedang hujan lebat.

Tidak hanya memberikanku pengalaman yang menarik dalam memanfaatkan internet, IndiHome juga turut andil dalam penggunaan IoT di rumah. Ambillah contoh saat mengantuk berat tapi harus membersihkan rumah.

Dengan teknologi ini, aku bisa mengendalikan alat-alat elektronik di rumah. Salah satunya adalah memanfaatkan robot vacuum cleaner. Alat ini hanya perlu sekali klik saja, lalu bisa menyapu, mengepel hingga menyedot kotoran sekaligus.

internet of things
Btw, alat semacam ini sangat cocok dioperasikan saat kita sudah lelah mengepel semua sudut rumah dengan jongkok. Paham, kan, capeknya gimana?

Namun, alat elektronik ini harus terkoneksi dengan internet, dan IndiHome adalah jawabannya.

IndiHome dengan pengalaman yang mumpuni, sangat mampu untuk menopang kebutuhan tersebut. Dengan banyaknya perangkat yang terkoneksi dengan wifi di rumah kita, tak perlu lagi khawatir internet jadi lemot karena IndiHome mampu menyediakan bandwidth hingga 100Mbps dengan harga yang terjangkau.


Ibu hamil boleh saja memiliki keterbatasan gerak seiring membesarnya janin dalam kandungan. Namun, kehadiran internet dalam kehidupan sehari-hari akan membantunya tetap berdaya.

Manfaat internet kini dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Tidak hanya untuk warga ibu kota dan karyawan swasta saja, tapi ibu hamil seperti kita yang juga ibu rumah tangga, juga membutuhkan internet yang cepat dan stabil.

Karena manfaat internet memang tidak terbatas pada satu kegiatan saja. Buktinya, aku bisa memanfaatkan internet untuk memberikan pengalaman hamil dan melahirkan yang sangat luar biasa, hingga membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Teman-teman punya pengalaman menarik apa dalam penggunaan internet di kehidupan sehari-hari?
Nimas Achsani
Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Related Posts

16 komentar

  1. Aku bumil dan pake indihome. Related banget deh sama tulisannya. Bener2 hepi karena sangat terbantu, ya.

    BalasHapus
  2. Bagi ibu muda, tentu butuh banyak informasi tentang kehamilan, melahirkan dan parenting anak. Internet tempat untuk mencari berbagai informasi dan tentu membantu ibu mempersiapkan sebaik mungkin dan membuat jadi tenang

    BalasHapus
  3. Suka nonton Bidan Yessie juga yaa mbaa.. saya jugaa wkwk. Tapi paling kesel kalo ternyata inet lemot tiba2 putus wkwkwk.. makanya enak pake IndiHome yang terbukti cepet dan jarang trouble

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ya, Mbak. Dengan adanya internet, selama masa kehamilan pun lebih nyaman di rumah, karena segala informasi yang dibutuhkan seputar kehamilan ada. Bahkan termasuk hiburan nonton acara kesukaan.

    BalasHapus
  5. Saat hamil saya hampir stres karena berbagai tekanan. Untungnya ada internet IndiHome yang sudah dipasang jauh sebelum menikah. Hiburan berselancar di dunia maya jadi obat saat itu hingga saya bisa menjalani semua dengan happy

    BalasHapus
  6. Hal positif dari internet dengan memanfaatkannya untuk hal bijak, membantu para ibu, termasuk ibu hamil untuk semakin berdaya ya, meski hanya dari rumah

    BalasHapus
  7. Emang IndiHome bisa bikin ibu hamil lebih bahagia ya mbak, Soalnya kami juga pengguna IndiHome sudah cukup lama dan merasakan banyak manfaatnya buat kehidupan kami. Terlebih lagi kemarin saat hamil, aku jadi bisa konsultasi dan daftar berobat dari rumah dengan mudah.

    BalasHapus
  8. Yuhuu enak banget sudah ada wifii dirumah, jaman aku dulu 12 tahun lalu belum ada internet masuk rumah. Manyun karena habis resign dr kantor hamil usia 5 bulan trs full dirumah sepii sendiri.

    Dulu larinya membaca biku2 hamil dan melahirkan sekarang enak bangetbya mak tinggal googling dr Hp berburu berita tentang kehamilan bahkan belanja pernik2 bayi bs online. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Aku jadi dapet insight baru nih kalau saat kita harus nyari2 tau ilmunya supaya lebih siap dan sigap dalam kehamilan. Apalagi bagi ibu2 muda yg emang masih minim pengalaman, jadi butuh banyak belajar dan riset. Senangnya jadi punya rekomendasi channel untuk edukasi seputar kehamilan. Ikut seneng juga bacanya mbak kalau ibu hamil juga bisa berdaya dengan jaringan internet yang mendukung segala aktivitas

    BalasHapus
  10. Bener banget nih internet bisa bantu ibu hamil mendapatkan pengetahuan tentang kehamilan, melahirkan, menyusui, dan merawat bayinya kelak. Banyak ilmu gratis yang tak ternilai harganya.

    BalasHapus
  11. Ah iya
    Banyak yang bisa dilakukan dengan akses internet ini
    Internet juga bisa membantu ibu hamil untuk tetap sehat dan mindffullness ya mbak

    BalasHapus
  12. Memang IndiHome adalah layanan provider Internet terbaik saat ini. Dengan jangkauan yang cukup luas, semua orang mampu belajar dengan mudah dan cepat. Jadi bukan hanya para pekerja, pendidik dan siswa. Tetapi Ibu Hamil dapat belajar langsung dari para ahli secara online hingga offline tanpa hambatan.

    BalasHapus
  13. Akupun ibu rumahan,lebih suka di rumah daripada keluar malah ngegibah...ehhhh
    Di rumah kalau ada akses internet cepat, duh bahagia banget... Bisa nyari informasi, bisa kerja, bisa buat hiburan juga..
    Dan berkat internet, aku dulu nyari ilmu seputar kehamilan, bayi, juga dari internet. Ngebantu bgtlahh

    BalasHapus
  14. berdaya tanpa batas :") bersyukur banget ya internet semakin mudah diakses. walau belum jadi ibu, tapi aku lihat banyak ibu-ibu terbantu dan bisa terhibur dengan adanya internet. karena aku bisa memastikan bahwa stres itu mungkin banget dialami para ibu :')

    BalasHapus
  15. IndiHome beneran juara melayani jaringan internet rumah.
    Adikku juga menggunakan Indihome dan bisa dijadikan sumber rejeki karena dengan menggunakan indiHome, bisa sharing jaringan.

    Ada banyak hal yang bisa kita akses ketika ada jaringan internet stabil di rumah.
    Menjadi sarana belajar dan hiburan tanpa batas.

    BalasHapus
  16. seneng ya mba, bisa dapat beragam manfaat dari internet bahkan ketika hamil dan kudu banyak waktu di rumah. jadi inget pas hamil dulu mah kerjaanku streaming film ajaa hahah

    BalasHapus

Posting Komentar